Desa Puntang merupakan satu desa dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Sikap Dalam Kabupaten Empat Lawang. Penduduk Desa Puntang berdiam di sepanjang aliran Hulu Sungai Musi. Jarak desa Puntang ke ibukota kecamatan 1 KM dengan jarak desa ke ibukota Kabupaten 55 KM.  Wilayah Desa Puntang berada di antara Bukit Barisan dan aliran hulu Sungai Musi. Data kependudukan di Desa Puntang terdiri 468 KK, Perempuan 892 Jiwa, Laki-laki 874 jiwa.

Ibu-ibu yang hamil tidak semuanya mau memeriksakan kandungan dan mengkonsumsi vitamin penunjang ibu hamil. Mereka menganggap memeriksakan kandungan dan mengkonsumsi makanan bergizi bagi ibu hamil serta pil FE biayanya mahal dan tempat layanan jauh dari tempat tinggalnya.  Akibatnya banyak yang mengalami kecelakaan atau keguguran. Bukan hanya janinnya yang menjadi korban, tetapi juga sang ibu karena mengalami pendarahan yang serius dan tidak di tangani dengan semestinya berakibat tingginya angka kematian ibu hamil.

Program posyandu yang di adakan sebulan sekali di salah satu rumah warga pun tidak banyak yang mau memeriksakan kandungannya. Hanya warga tertentu saja yang tahu akan pentingnya memeriksakan kandungan, mengkonsumsi susu atau vitamin penunjang ibu hamil.

Peran suami untuk memberikan perhatian pada kandungan istri pun kurang. Apalagi menjadi suami SIAGA alias Siap Antar Jaga. Lantaran mereka lebih memilih untuk bekerja mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari di kebun atau menginap di kebun yang jauh dari perkampungan. Musababnya tidak ada pekerjaan lain kecuali berkebun kopi atau menanam padi sawah dengan penghasilan musiman 1 tahun satu kali panen. Itupun kalau hasil panennya tidak gagal akibat cuaca atau terbakar lantaran kekeringan.

Hadirnya Program GSC semula dipandang sebelah mata namun setelah melalui proses sosialisasi yang berulang-ulang dan pendekatan maksud serta tujuan GSC maka lambat laun masyarakat menjadi peduli dan merasakan pentingnya kesehatan dan pendidikan khususnya kesehatan Ibu, bayi dan balita.

Sosialisasi yang bertubi-tubi berdampak pada pencerahan akan pentingnya kesehatan dan pendikan. Ditambah lagi penyuluhan oleh bidan yang bertugas di desa ini dengan adanya GSC, POSYANDU menjadi lebih hidup. Program yang disosialisasikan mengenai pentingnya kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan balita, berdampak pada semakin banyaknya yang mau memeriksakan kandungan, bayi dan memeriksakan balita mereka. Ketika anaknya di suntik imunisasi/ vaksin akan menyebabkan demam panas, ibu-ibu menjadi maklum karena adanya reaksi dari antibodi yang di suntikkan sedang bekerja, serta tahu lebih banyak tentang penyakit langganan balita seperti demam, batuk pilek dan diare.

Dari sisi pendidikan, jarak desa dengan layanan belajar cukup jauh, hal ini  berakibat rawan putus sekolah. Hadirnya GSC yang memberikan bantuan dalam bentuk perlengkapan seragam, alat tulis, serta bantuan transportasi bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang semula rawan putus sekolah menjadi berkesempatan untuk sekolah kembali. Desa Puntang terdapat 1 unit SD sedangkan SMP berada di ibukota Kecamatan.

Dengan hadirnya Program Generasi Sehat dan Cerdas di Desa Puntang setidaknya telah membuka wawasan penduduk akan pentingnya menjaga pertumbuhan anak dalam 1000 Hari pertama kehidupan dan pentingnya mengenyam pendidikan dasar untuk mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas. Mudah-mudahan dengan adanya rintisan dari Program GSC keberlanjutan pelayanan sosial dasar khususnya bidang pendidikan dan kesehatan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten dengan sumber dana desa atau dana daerah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY