Terobosan Asupan Protein Balita

0
88

Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak. Sayangnya kerapa kali masyarakat hanya pasrah lantaran ketersediaan sumber protein yang sangat terbatas. Bukan saja ketersediaan terbatas, harga yang lumayan mahal membuat tidak semua masyarakat di kecamatan Karera terutama Rumah Tangga Miskin sanggup menjangkaunya.  Kerapkali hanya sekali seminggu seminggu sekali mereka menikmati ikan sebagai sumber protein tersebut.  Itu pun, ikan yang terkadang sudah di simpan dalam es.  Anak-anak seringkali menikmati makanan yang lebih didominasi karbohidrat. Bahkan anak-anak terkadang makan nasi saja tanpa ada lauknya, apalagi harus dengan Gizi Seimbang, seakan bagai mimpi di siang bolong. Kondisi seperti ini sangatlah memprihatinkan, Bagaimana mungkin otak anak bisa terangsang untuk berkembang secara normal jika asupan proteinnya sangatlah kurang.

Mensiasati hal tersebut pada kegiatan Pos Gizi lewat pemeliharaan ikan lele diusulkan sebagai salah satu prioritas. Bibit lele mulai didatangkan dan masyarakat di 2 Desa Kecamatan Karera yakni Nggongi dan Praimadita begitu antusias. Desa Nggongi dengan 10 kolam dan Desa Praimadita 2 kolam ikan lele. Berkat ketekunan warga ikan lele pun tumbuh pesat.

Panen perdana rencananya dilakukan pada hari “H” Posyandu sehingga sebagian ikan bisa dapat dinikmati oleh balita sebagai makanan tambahan.  Pemerintah kedua desa memberi tanggapan positif. Mereka mendukung dengan pemeliharaan ikan lele ini dengan dialokasikannya Dana Desa untuk kepentingan pemeliharaan ikan lele. Dibalik kegiatan ini ada asa protein di kedua desa di Kecamatan Karera ini dapat terpenuhi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY