Olah Pangan Lokal nan Lezat

0
144

“Olah Pangan Lokal nan Lezat”
oleh :
Rambu Dorkas
KPMD Generasi Sehat dan Cerdas (GSC)
Desa Kataka

Salah satu upaya program GSC Desa Kataka Kecamatan Kahaungu Eti berupaya mengurangi angka Gizi kurang dan  gizi buruk bayi dan balita. Terkait hal tersebut dilakukan kegiatan Demo Pengelolaan Makanan Lokal yang di fasilitasi oleh Program GSC. Sebagai narasumber bekerja sama dengan para Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat yang bertugas di Kecamatan Kahaungu Eti.

Dalam sambutannya Fasilitator Kecamatan GSC, saat membuka kegiatan Demo Pengolahan Makanan Lokal menegaskan kepada peserta yang hadir, antara lain para Kader Posyandu dan kelompok Ibu Hamil serta orang tua bayi balita, bahwa kegiatan ini tidak semata mata menghabiskan uang program.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka pola pandang Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak bagaimana mengetahui cara mengelola makan lokal yang baik dan benar sesuai standar gizi yang ada.

Bahan bahan lokal yang dimanfaatkan diantaranya keladi, labu, kacang hijau, jagung, telur ayam kampung dan masih banyak lagi bahan lokal yang ada di lokasi. Selama ini menurut pengamatan fasilitator warga kerap kali lebih rela menjual telur ayam kampung yang mereka punya. Hasil jualan itu dipakai untuk membeli mi instan. Pun jagung kerapkali digunakan makanan ayam sebagaimana halnya ubi dan labu hanya untuk makanan ternak. Padahal jika dioleh dengan baik bisa menjadi sumber pangan bergizi.

Dalam kegiatan itu Tenaga Gizi dari Program Nusantara Sehat Sehat  mengsosialisasikan serta menjelaskan kepada para ibu hamil  dan orang tua bayi balita tentang pemuhan gizi bagi ibu hamil serta menjelaskan makanan yang bergizi untuk bayi dan balita serta pola pengasuhan yang baik.

Kepala Desa Kataka Umbu Manja Mehang setelah melihat bahan lokal serta pengelolaan yang difasilitasi oleh GSC telah mengambil kesimpulan bahwa demo ini jangan putus hanya pada peserta yang hadir. Peserta yang hadir harus bisa menjadi contoh buat mereka yang tidak hadir. “Saya yakin bahan bahan lokal ini ada di sekeliling kita, jadi peserta yang hadir wajib memperaktekkan di 5 (lima) Kepala Keluarga tentang cara pembuatan makan lokal bekerjasama dengan Ibu Kader Posyandu,” ungkap Umbu Manja Mehang.  Semoga lewat kegiatan ini budaya mengolah bahan pangan lokal sehat bisa menjamur di Desa Kataka.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY