Walhasil, Dr Vizolie Z Suokhrie menuturkan, mereka pun tak sungkan berpaling ke Indonesia dimana telah lebih dulu menerapkan proyek yang bertujuan meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan yakni GSC. Harap mafhum, GSC sudah berjalan sejak 2007.

Kunjungan dari Nagalan dilakukan rangka belajar dan memahami terkait proses perencanaan dan pelaksanaan GSC mulai dari tingkat pemerintah pusat, daerah,hingga desa. “Kami pun ke sini untuk belajar terkait pengalaman dan hambatan yang dihadapi dalam proses perencanaan awal serta implementasi kegiatan GSC dari pihak pemerintah serta warga masyarakat,” ungkap Suokhrie. Selain itu, bagaimana proses kerjasama pemerintah desa dan warga desa dalam pelaksanaan kegiatan GSC. Termasuk di dalamnya terkait perhitungan bonus desa.

Ditjen PPMD Ahmad Erani Yustika (tengah), bersama Direktur PSD Hanibal Hamidi dan Direktur Gizi Kemenkes Dody Izwardy
Ditjen PPMD Ahmad Erani Yustika (tengah), bersama Direktur PSD Hanibal Hamidi dan Direktur Gizi Kemenkes Dody Izwardy

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Ahmad Erani Yustika, menyambut baik kehadiran delegasi dari Nagalan. “Kehadiran delegasi Nagalan menjadi kesempatan berharga dalam proses pertukaran pengetahuan di antara kedua negara dalam upaya peningkatan akses kesehatan terhadap masyarakat,” ujar Erani. Dalam paparannya Erani menuturkan saat ini di Indonesia, pemerintah mengucurkan dana desa sebagai upaya stimulus pembangunan dana desa. Lewat dana desa, pemerintah merangsang kemandirian warga desa untuk merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu pemanfaatan dana desa bisa ditujukan guna peningkatan akses kesehatan dan pendidikan.

Berikutnya Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Hanibal Hamidi, menyampaikan materi terkait Landasan Pelayanan Sosial Dasar, Peraturan Menteri Desa Nomor 1/2015 terkait Kewenangan Lokal Berskala Desa yang berhubungan dengan pembangunan pelayanan dasar di desa, Indeks Desa Membangun serta kerangka Instrumen, Fasilitasi, Koordinasi, dan Intervensi Pelayanan Sosial Dasar melalui GSC.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY