Hal itu salah satunya diwujudkan melalui pengawasan oleh masyarakat. Untuk memastikan ketersediaan akses yang memadai, Generasi Sehat dan Cerdas menyediakan mekanisme Pengelolaan Pengaduan dan Masalah sebagai media pengawasan program untuk seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan pengelolaan pengaduan dan masalah menjadi salah satu tugas dan kewajiban fasilitator dan konsultan Generasi Sehat dan Cerdas di semua jenjang dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam penyelesaiannya. Musababnya hal itu merupakan media pemberdayaan bagi masyarakat walaupun saat ini media layanan pengaduan masyarakat untuk saat ini belum begitu maksimal dipergunakan oleh para masyarakat dan pelaku program.

Sejak Generasi Sehat dan Cerdas dikelola secara mandiri, pengelolaan pengaduan dikelola di masing-masing level kabupaten dan provinsi. Setelah pengaduan diklarifikasi dan terbukti sebagai masalah, baru dilaporkan secara berjenjang ke tingkat nasional melalui Sistem Pelaporan Masalah (PAPPM).

Sampai September 2016, jumlah masalah yang dilaporkan di tingkat nasional sebanyak 138 kasus yang terdiri dari 28 kasus kategori penyimpangan prinsip dan prosedur, 105 kasus kategori penyimpangan dana 2 kasus intervensi negatif dan 3 kasus force majeur. Dari total masalah tersebut sampai dengan periode laporan ini yang dinyatakan selesai sebanyak 104 kasus, artinya sampai saat ini masih terdapat 34 kasus dalam proses penyelesaian yang terdiri dari kategori penyimpangan prinsip dan prosedur 3 kasus dan Penyalahgunaan dana 31 kasus.

Laporan Pengaduan Hingga September 2016

picture1

Masalah Per Kategori September 2016

picture2      P = Proses S = Selesai

Sementara  sebaran kasus untuk masing masing provinsi yang masih berproses penanganannya terbanyak di Nusa Tenggara Barat dengan 21 kasus,  Nusa Tenggara Timur 4 Kasus, Sulawesi Utara 3 Kasus  , Gorontalo 4 Kasus, Sulawesi Barat 1 Kasus,  dan Maluku 3 Kasus.

Rekap Temuan BPKP Per Provinsi September 2016

picture3

picture4Rekap Temuan  Dana Audit BPKP September 2016

picture5

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY